Thursday, July 21, 2016

Presiden Jokowi akan Lepas Karnaval Kapal Pakaian Adat di Danau Toba
                                                                   News 1 Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Festival Kemerdekaan Pesona Toba yang akan dilaksanakan 26-27 Agustus mendatang. 
Kegiatan yang diselenggarakan di pantai bebas Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun tersebut rencananya juga akan diha diri utusan seluruh provinsi di Indonesia, termasuk delapan negara sahabat.
Pembahasan festival tersebut baru satu kali dilakukan dan akan ditindaklanjuti dengan menghadirkan tim dari Kesekretariatan Negara dan tujuh pemkabdi sekitar Danau Toba.
Dalam pembahasan awal, festival itu akan di isi dengan karnaval kapal hias dengan peserta yang menggunakan pakaian adat yang dilepas Presiden Joko Widodo, sedangkan pada malam harinya menampilkan kembang api yang diikuti 360 kapal.
"Ini even tahunan yang berskala internasional, menampilkan atraksi seni budaya dan karnaval air dan darat, sekaligus menampilkan potensi masing-masing negara dan provinsi yang hadir,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Elisa Marbun dalam rapat dengan Komisi B DPRD Sumut di Medan, seperti dikutip Antara kemarin.
Presiden Jokowi akan Lepas Karnaval Kapal Pakaian Adat di Danau Toba
                                                                                                    News 1 Indonesia

Untuk menyukseskan acara tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara mengusulkan adanya anggaran pendampingan sebesar Rp1 miliar untuk penyelenggaraan 
Elisa mengatakan, Festival Kemerdekaan Pesona Toba itu merupakan agenda Kementerian Pariwisata dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.
Karena bersifat mendadak, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tidak memiliki anggaran untuk mendukung kegiatan tersebut, sehingga mengusulkan anggaran tersendiri.
Namun anggaran tersebut bersifat pendampingan untuk mendukung kelancaran kegiatan yang didanai dari anggaran Kementerian Pariwisata.
Pihaknya mengharapkan Komisi B DPRD Sumut dapat mendukung pengalokasian anggaran tersebut dalam Perubahan APBD tahun 2016.
Dana pendampingan itu akan digunakan untuk kegiatan yang bersifat pendukung seperti sewa kapal, hias kapal, atraksi budaya, termasuk persiapan penjamuan makan malam tamu kehormatan negara.
Sedangkan seluruh agenda Festival Kemerdekaan Pesona Toba 2016 sudah disiapkan tim khusus yang dibentuk Kementerian Pariwisata.
Untuk diketahui, awalnya kegiatan tersebut akan diselenggarakan di kawasan Sungai Musi, Provinsi Sumatera Selatan. Namun akhirnya diputuskan dilaksanakan di Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan nasional.


Penulis: Felix Sitanggang



2 comments:

  1. KatanYan pak jokowi meng adakan pa
    Cara 17 agustus di samosir juga.

    ReplyDelete
  2. KatanYan pak jokowi meng adakan pa
    Cara 17 agustus di samosir juga.

    ReplyDelete

Berita Terbaru

Powered by Blogger.

Video

Berita Populer

Komentar Pembaca

Our Facebook Page